Fakta Keindahan Wisata Pulau Tidung Benar Atau Hoax?

Posted by

Ada sejumlah pulau di Kepulauan Seribu yang sebagai objek wisata yang mengasyikan, satu antaranya ialah Pulau Tidung yang adalah pulau yang mempunyai luas cukup banyak yakni kurang lebih 109 ha dengan sejumlah fakta menarik didalamnya. Pulau Tidung sebetulnya dibagi kedalam 2 bagian yakni pulau tidung besar, mempunyai penduduk dan dihuni, sementara satu lagi ialah pulau tidung kecil, tidak dihuni namun dengan keeksotisan yang mempesona. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau tuk menikmati keelokannya, namun tak semua orang tahu fakta seputar pulau tidung yang sebetulnya. Artikel ini bersumber dari blog ini http://travelpulauseribu.co.id/blog/

Fakta Mengenai Pulau Tidung

Pulau Tidung yaitu pulau besar dengan nilai sejarah yang lumayan tinggi. Dikatakan bila pulau tidung dipetik dari nama sesosok raja yang wafat di pulau itu dimana saat masa itu ialah masa kolonial Belanda. Tetapi beberapa antara sejarah yang terdapat menyebutkan bila tidung itu sendiri adalah arti dari bersembunyi yang maknanya pulau tempat berlindung di mana pada waktu itu banyak masyarakat yang asingkan diri sendiri ke pulau tidung tuk terhindar dari penjajahan belanda yang minta pajak serta menyiksa dengan cara kejam warga yang ada. Pulau ini adalah bagian pusat kecamatan kepulauan seribu selatan yang terhimpun dari 3 kelurahan. Hal pertama ialah kel. pulau untung jawa, kemudian ada kel. Pulau Pari dan kel. Pulau Tidung itu tersendiri. Ada gugusan pasir dari barat ke timur yang sebagai pasir di pulau tidung secara dipisahkan oleh cekungan yang mana diatas cekungan ini ada jembatan yang terkenal dikenal oleh wisatawan dan warga setempat dengan nama jembatan cinta. Cekungan ini membagi pulau tidung besar dan pulau tidung kecil yang jadi 2 objek wisata fantastis karena keindahan yang terdapat di sekeliling pantai dan didalam laut pulau. Wisatawan yang berkunjung jadi tertarik tuk menjelajah di pulau guna menikmati setiap hal yang terdapat di pulau yang tak bisa ditemukan di lokasi lain.

Jembatan cinta adalah jembatan dengan panjang 2,5 km dengan keeksotisan yang indah. Penduduk di daerah pulau memberi nama jembatan itu dengan jembatan cinta lantaran di kawasan tersebut tidak sedikit wisatawan yang menemui pasangannya dan jalan bersama pasangan saat liburan di Pulau Tidung. Di bagian timur pulau ada yang dinamakan pantai tanjongan timur yang berada di depan jembatan cinta pada pasir warnanya putih. Di pantai tanjongan biasanya dibangun tenda penjual makanan secara beraneka ragam pilihan pun dijadikan menjadi tempat istirahat aman dan menakjubkan karena dapat digunakan juga tuk renang. Di pulau indah ini tersedia lapangan volley yang dapat digunakan tuk berolahraga serta bermain selama ada di pulau. Kemudian bila berjalan kearah barat bakal ditemukan pantai tanjung barat. Pantai itu kurang dikenal oleh pelancong hingga suasananya sepi sedangkan jika mau berlibur lalu mencari privasi maka tak ada salahnya guna menginap di sekeliling pantai tanjong barat agar bisa memandangi keindahan matahari terbenam saat sore hari. Perasaan terperangah dan terpesona bakal dirasakan oleh tiap wisatawan yang jalan-jalan ke pantai ini. Bila liburan bareng dengan keluarga, maka jalan-jalan pula ke pantai ini. Di sekeliling Pulau Tidung, ada dermaga betok yang jadi tempat berlabuhnya bermacam-macam jenis kapal yang mau berlabuh dan menepi di pulau. Pelabuhan utamanya berada di area hilir mudik wisatawan pula menjadi tempat mancing yang mengasyikan untuk wisatawan. Bila malam tiba so pemandangan di betok amat indah pada hamparan laut dan bintang-bintang yang bersinar. Ternyata menurut situs ini keindahan di Pulau Tidung itu benar-benar nyata adanya!!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *